Tentang Dunia Public Relations

bicara tentang dunia PRs (Public Relations) saya ga mau sok tahu, karena saya baru belajar mengenai dunia ini baru setengah tahun lebih walaupun saya sudah kuliah sekitar 2 tahun, karena baru saja penjurusan di semester III, sekarang saya semester IV. Apa ya yang bisa saya ceritakan tentang PRs dalam bahasa mudahnya..

Yang ingin saya tekankan, pelajaran kami itu “kelihatannya” mudah, gampang diperlajari dan bisa sekali lalu saja. Tugas dari seorang PRO (Public Relations Officer) itu tidaklah mudah. Coba lihat kenapa kita tergila-gila dengan brand sepatu seperti Airwalk, Adidas, Converse dan lain-lain. Kalau saya sih sebenarnya bukan untuk digunakan karena merk nya tapi karena emang kualiatasnya bahannya bagus sehingga dipakai jadi nyaman dan ga gampang rusak.

Tapi dimata orang lain, orang yang memakai Airwalk, dll itu kesannya prestige sekali kan ? itulah fungsi kami sebagai PRs yakni membuat reputasi yang baik serta mempertahankan reputasi  mengenai suatu produk. Kenapa Airwalk sampai mengalami istilah yang disebut Tipping Point?

http://www.google.com/imgres?q=airwalk&hl=en&client=aff-maxthon-newtab&hs=4kV&channel=t2&biw=1280&bih=648&noj=1&tbm=isch&tbnid=j6Bo2aQFHQlfdM:&imgrefurl=http://theshoegame.com/articles/staple-x-air-walk-sneakers-for-payless.html&docid=b7bljfId9kWPYM&imgurl=http://theshoegame.com/wp-content/uploads/2009/07/staple-air-walk-the-terrain.jpg&w=500&h=370&ei=0g1lUdmoAsmqrAfk3ICwBw&zoom=1&ved=1t:3588,r:12,s:0,i:186&iact=rc&dur=466&page=1&tbnh=175&tbnw=216&start=0&ndsp=15&tx=63&ty=32

I DO NOT OWN THE PICTURE

Tipping Point itu sendiri adalah saat ajaib ketika sebuah ide, perilaku, pesan, dan produk menyebar seperti wabah penyakit menular. (Gladwell, Malcolm. 2000).  Airwalk adalah sepatu khusus untuk pemain skateboard, dengan berbahan suede, dengan sol tebal, dan bagian atasnya penuh bantalan, berwarna-warni menyala dengan motif-motif menarik.

Para skater sangat tergila-gila dengan sepatu ini. Perusahaan ini menjadi sponsor untuk berbagai lomba skateboard professional dan berhasil menciptakan sekelompok konsumen fanatik yang terus memakai sepatunya dalam setiap lomba skateboard, dan mempunyai income jutaan dollar dalam setahun.

Bagaimana airwalk menjadi terkenal dan mendapakan positioning di masyarakat ? Disinilah tugas PRs berada, PRs membuat kampanye iklan yang inspiratif sehinga pesan-pesan yang tersampaikan dengan baik. Disini PRs menargetkan anak-anak muda untuk memilih sepatu airwalk dibandingkan dengan merk lain.

Caranya dengan apa?

berupa sejumlah foto tunggal menggambarkan pemakai Airwalk yang menghubungkan sepatunya dengan cara yang tidak lazim. Dalam salah satu foto, seorang pemuda mengenakan sepatu Airwalk dikepalanya, dengan tali sepatu berjuluran ke bawah seperti rambut yyang dikelabang, kemudian ada tukan cukur memotongnya seperti memangkas rambut. Dalam foto lain, seorang gadis berbusana serbakulit memegang sebuah sepatu Airwalk dari bahan vinil yang mengilap dan menggunakannya untuk berkaca seperti memoles bibirnya dengan lipstik.

http://www.google.com/imgres?q=airwalk+advertising+saving+hair&hl=en&client=aff-maxthon-newtab&hs=UcV&channel=t2&biw=1280&bih=648&noj=1&tbm=isch&tbnid=qhlOd9LNHyMogM:&imgrefurl=http://www.defynewyork.com/tag/airwalk-ad/&docid=Pt43KfU4_tADHM&imgurl=http://defynewyork.com/wp-content/uploads/2011/01/screen-shot-2011-01-21-at-12-13-15-am.png&w=679&h=817&ei=vgtlUfjzL8KJrQe8-4BY&zoom=1&ved=1t:3588,r:25,s:0,i:168&iact=rc&dur=825&page=2&tbnh=186&tbnw=149&start=18&ndsp=23&tx=113&ty=43

I DO NOT OWN THE PICTURE

http://www.google.com/imgres?q=airwalk+advertising+90&hl=en&client=aff-maxthon-newtab&hs=L0&channel=t2&biw=1280&bih=648&noj=1&tbm=isch&tbnid=p5kVbXNdr6RvDM:&imgrefurl=http://www.defynewyork.com/tag/airwalk-ad/&docid=Pt43KfU4_tADHM&imgurl=http://defynewyork.com/wp-content/uploads/2011/01/screen-shot-2011-01-19-at-2-55-56-am.png&w=669&h=818&ei=ggxlUbC9LMaUrgeRp4CQDw&zoom=1&ved=1t:3588,r:26,s:0,i:171&iact=rc&dur=445&page=2&tbnh=203&tbnw=166&start=15&ndsp=20&tx=76&ty=21

I DO NOT OWN THE PICTURE

http://www.google.com/imgres?q=airwalk+advertising&hl=en&client=aff-maxthon-newtab&hs=Or&channel=t2&biw=1280&bih=648&noj=1&tbm=isch&tbnid=bTxP7AKNZzFGbM:&imgrefurl=http://www.advertolog.com/airwalk/print-outdoor/android-politician-912555/&docid=Wccys9gaGPeqmM&imgurl=http://files.coloribus.com/files/adsarchive/part_91/912555/file/footwear-android-politician-small-54807.jpg&w=600&h=712&ei=VwplUZ2SEcKsrAegwICIAQ&zoom=1&ved=1t:3588,r:22,s:0,i:159&iact=rc&dur=516&page=2&tbnh=195&tbnw=157&start=16&ndsp=22&tx=87&ty=51

I DO NOT OWN THE PICTURE

http://www.google.com/imgres?q=airwalk+advertising+saving+hair&hl=en&client=aff-maxthon-newtab&hs=UcV&channel=t2&biw=1280&bih=648&noj=1&tbm=isch&tbnid=ZC64icXkN70v_M:&imgrefurl=http://www.defynewyork.com/tag/airwalk-ad/&docid=Pt43KfU4_tADHM&imgurl=http://defynewyork.com/wp-content/uploads/2011/01/screen-shot-2011-01-20-at-11-52-59-pm.png&w=676&h=789&ei=vgtlUfjzL8KJrQe8-4BY&zoom=1&ved=1t:3588,r:24,s:0,i:165&iact=rc&dur=588&page=2&tbnh=186&tbnw=159&start=18&ndsp=23&tx=54&ty=45

I DO NOT OWN THE PICTURE

http://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fdefynewyork.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2011%2F01%2Fscreen-shot-2011-01-20-at-11-47-31-pm.png&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.defynewyork.com%2Ftag%2Fairwalk-ad-1996%2F&docid=7E71dqAzh7E_uM&tbnid=huijIWX9LANtNM&w=681&h=775&ei=2wtlUdyCHoHOrQf07IGIAg&ved=0CAYQxiAwBA&iact=ricl

I DO NOT OWN THE PICTURE

http://www.google.com/imgres?q=airwalk+advertising&hl=en&client=aff-maxthon-newtab&hs=Or&channel=t2&biw=1280&bih=648&noj=1&tbm=isch&tbnid=EHZUuY8h0HManM:&imgrefurl=http://brakhax2.com/print/advertising-commissioned/&docid=zznpkPW0HfjP5M&imgurl=http://brakhax2.com/wp-content/uploads/airwalk_clean2.jpg&w=1510&h=760&ei=VwplUZ2SEcKsrAegwICIAQ&zoom=1

I DO NOT OWN THE PICTURE

Foto-foto ini disebarkan di billboard, dinding-dinding gedung yang sedang dibangun, dan halaman majalah.

Program-program  ini lah yang dirancang oleh PRs, tidak mudah merancang sesuatu yang tidak ada sebelumnya dan juga agar program yang dirancang sukses. Butuh riset yang mengenai penentuan khalayak, tingkat kemampuan membeli masyarakat, memutuskan logo yang mudah dimengerti, belum lagi memperkirakan opini publik yang berkembang, memutuskan media apa saja yang akan digunakan, siapa pembawa pesan tersebut, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti khalayak, membuat press release untuk disebarkan ke media, menjalin hubungan dengan investor, membuat event dan kegiatan yang menarik konsumen.

Tugas-tugas di atas hanyalah beberapa tugas PRs sejauh yang saya ketahui karena masih semester IV, hehe.  Masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk membangun reputasi yang belum saya pelajari. Semoga apa yang saya share di sini, bisa bermanfaat.

PS. ini baru dari sisi marketing nya saja, belum ke beberapa bidang PRs lainnya

Sumber :

Gladwell, Malcolm. 2000, Tipping Point, Jakarta, PT Gramedia

About these ads

let's talk ;)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s